Gagal Ginjal Ternyata Tidak Boleh Minum Banyak Air

Anggapan kalau banyak minum air baik untuk kesehatan ginjal tidak sepenuhnya benar.Penderita penyakit ginjal kronik judtru harus membatasi asupan air jika ingin tetap fit. Asupan air bagi tubuh memang ada aturannya,tidak boleh kurang juga boleh terlalu banyak,terutama untuk mereka yang menderita penyakit gagal ginjal.”Penyakit gangguan ginjal bisa berdampak pada asupan air minum.Pasien ginjal tidak boleh minum banyak air,”papar DR.Dr.Parlindungan Siregar, SpPD-KGH dari Divisi Ginjal Hipertensi,Departemen ilmu penyakit dalam FKUI-RSCM.

jangan minum banyak air

Lebih lajut DR.Parlindungan menjelaskan, pada penderita gangguan ginjal akut, volume asupan cairan sehari hanya minum sebanyak volume urin sehari ditambah volume air yang menguap dari kulit, dengan kata lain volume urin sehari ditambah 500ml,atau sekitar seliter setiap hari.

Pada penyakit ginjal kronik,tubuh masih dapat menjaga keseimbagan air sampai dengan laju filtrasi glomerulus 15ml/menit/1,73 m2, akan tetapi pada penyakit ginjal kronik stadium II dan III harus hati-hati mengkonsumsi air dalam jumlah besar,karena pada stadium tersebut cenderung mudah masuk dalam keadaan kelebihan cairan.Ciri kelebihan cairan adalah bengkak pada tubuh.Pada penyakit ginjal kronik stadium IV dan V, volume asupan air semaksimal sebanyak volume urin sehari ditambah 500ml.

Asupan air berlebih pada penderita penyakit ginjal kronik bisa mnyebabkan penurunan fungsi ginjal.Bukannya memeperbaiki ginjal,’’ ucap DR.Parlindungan.Ia juga meluruskan anggapan bila masalah ginjal bisa diselesaikan dengan minum air putih.Menurutnya,tidak semua masalah ginjal bisa dibereskan hanya dengan minum air putih.

Minum air dalam cukup besar hanya disarankan kepada pasien baru saluran kemih.Menurut Dr.Parlindungan,asupan air dengan jumlah yang cukup dapat mencegah pengulangan batu saluran kemih.Minum dalam jumlah yang besar disertai dengan tidak menaha berkemih,dikatakannya merupakan salah satu cara untuk mencegah dan mengatasi infeksi saluran kemih.

Terakhir,DR.Parlindungan memberikan penjelasan tentang kebutuhan minum pada pasien penyakit jantung.Pada penderita penyakit jantung dengan keterbatasan bermakna terhadap aktivitas fisik serta mereka dengan ketidakmampuan melakukan aktivitas fisik karena setiap aktivitas akan menimbulkan gejala,dikatakannya meski membatasi diri untuk tidak minum lebih dari 2 liter. Demikian, semoga bermanfaat.

Leave a Comment

(0 Comments)

Your email address will not be published. Required fields are marked *