Mengenal Alat Kesehatan Diagnostic di Rumah Sakit

Alat kesehatan untuk diagnostic merupakan satu bagian dari jenis – jenis alat kesehatan yang ada di Rumah Sakit dan di Pusat Layanan Kesehatan lainnya. Alat ini digolongkan berdasarkan fungsinya yang spesifik yaitu sebagai alat untuk mendiagnosa adanya kelainan penyakit yang diderita oleh pasien tertentu. Macam alat ini juga tidak sedikit, karena ada cukup banyak alat – alat yang berfungsi sebagai pendiagnosa penyakit.

Pada kesempatan kali ini, penulis ingin sedikit berbagai informasi tentang beberapa contoh alat – alat yang memiliki fungsi untuk mendeteksi atau menganalisa penyakit pada pasien khususnya yang banyak digunakan di Rumah Sakit dan Klinik.

mengenal alat kesehatan diagnostic

Macam alat kesehatan untuk diagnostic di Rumah Sakit

1 – Photometer (Chemistry Analyzer)

Photometer atau dikenal juga dengan istilah Chemistry Analyzer, yaitu sebuah alat kesehatan yang berfungsi untuk menganalisa unsur – unsur atau zat kimia yang terdapat dalam darah. Contoh parameter yang diukur dengan menggunakan alat ini seperti glukosa, kolesterol, asam urat, dan masih banyak parameter lainnya.

Alat ini biasanya ada di Rumah Sakit setingkat daerah, jadi kalau anda ingin melakukan pemeriksaan darah anda harus meminta rujukan untuk memeriksakan diri ke sana. Walaupun harga chemistry analyzer sekarang ini sudah cukup murah, namun mash belum banyak unit – unit pelayanan medis yang memilikinya. Pdahal alat ini sangat penting sebgai alat diagnosa penyakit dan memiliki waktu pemeriksaan yang cukup singkat.

2 – Hematology Analyzer

Hampir sama dengan Photometer, hanya saja parameter yang dideteksi dan diukur berbeda. Hematology berfungsi untuk menentukan atau menghitung jumlah sel – sel dalam darah seperti Trombosit, Hb, Leukosit dan lain sebagainya. Sample yang digunakan dalam pengukuran juga berbeda. Hematology analyzer menggunakan sample darah segar (darah secara langsung) sedangkan Photometer menggunakan serum darah. Untuk harga keduanya sama – sama cukup mahal namun diantara kedua alat tersebut lebih mahal hematology.

3 – Audiometer

Audiometer juga termasuk alat kesehatan untuk diagnostik. Fungsi alat ini adalah sebagai alat tes gangguan pendengaran. Audiometer digunakan di banyak tempat, tidak hanya di rumah sakit atau klinik, juga dilaboratorium medis dan di perusahaan – perusahaan yang memiliki unit pelayanan kesehatan pasien. Terutama untuk perusahaan yang menggunakan alat – alat dengan tingkat kebisingan yang tinggi.

Untuk mendapatkan berbagai macam alat – alat medis yang berfungsi sebagai alat diagnostic. Anda bisa kunjungi toko alat kesehatan atau distributor alat kesehatan resmi yang menjual berbagai macam produk – produk diagnostic seperti alat – alat yang sudah kita sebutkan diatas.

Leave a Comment

(0 Comments)

Your email address will not be published. Required fields are marked *